Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556 | BBM 5AE49B09

Saturday, 8 April 2017

Dengan Mengingat Allah, Maka Dia Akan Mengingatmu Pula


Bacalah kitab (Al Qur’an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah shalat. 

Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. | surah al-‘Ankabut, 29: 45.

Ibnu Qayyim rahimahullah berkata, “Ada tiga pendapat tentang makna ‘lebih besar’ pada ayat ini;
Pertama, mengingat Allah lebih besar dari segala sesuatu dan merupakan ketaatan yang paling utama. Sebab maksud dari seluruh ketaatan adalah menegakkan dzikir kepada Allah, sehingga dzikir ini merupakan rahasia dan ruh ketaatan.

Kedua, Maknanya, jika kalian mengingat Allah, maka Dia mengingat kalian. Sementara pengingatan Allah terhadap kalian lebih besar daripada pengingatan kalian kepada-Nya.

Ketiga, Mengingat Allah itu lebih besar daripada membiarkan kekejian dan kemungkaran. Bahkan jika dzikir ini lebih sempurna, maka dzikir ini bisa menghapus segala kesalahan dan kedurhakaan.

Syaikhul Islam berkata, “Makna ayat ini, bahwa di dalam shalat terkandung dua faedah yang amat besar, yaitu: Fungsi shalat itu yang bisa mencegah kekejian dan kemungkaran, kandungan shalat itu terhadap dzikir kepada Allah. kandungan dzikir ini lebih besar daripada fungsi pencegahan terhadap kekejian dan kemungkaran.”