Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556 | BBM 5AE49B09

Wednesday, 11 January 2017

Kisah Seorang Yang Dermawan Dan Kikir







Ada seorang pemilik pohon kurma yang batang pohonnya menuju ke rumah tetangga yang seorang fakir banyak anaknya. Setiap kali pemilik pohon kurma itu memetik buahnya dia memetiknya dari rumah tetangganya tadi, dan jika ada buah kurma jatuh dan diambil oleh anak-anak itu, dan dia bersegera turun dan merampasnya ditangan anak-anak tersebut,dan juga yang sudah masuk ke dalam mulut anak itu pula dipaksa untuk dikeluarkan.

Orang fakir itu pun mengadu masalah itu kepada rasulullah Saw dan rasulullah berkata akan menyelesaikan masalahnya. Kemudian Rasulullah SAW berjumpa dengan orang kikir, pemilik kurma itu dan nabi bersabda:

"Berikanlah kepadaku buah pohon kurma yang batangnya menuju ke rumah si fulan, dan bagianmu sebagaimana gantinya pohon kurma di syurga."

Pemilik pohon kurma berkata: "Hanya demikian tawarannya tuan?" Aku memiliki banyak pohon kurma dan kurma yang anda minta itu paling bagus buahnya."

Pemilik pohon kurma itu kemudian pergi. Perbincangan dengan Rasulullah saw. itu pun terdengar oleh seorang Dermawan yang langsung segera berjumpa pada Baginda saw. dan ia bertanya lagi: "Bilakah tawaran rasulullah tersebut juga berlaku pula bagi saya, Apabila pohon kurma itu telah menjadi milik saya?"

Rasulullah menjawab: "Ya benar."

Maka pergilah orang itu menjumpai pemilik pohon kurma itu.

Pemilik pohon kurma itu berkata: "Apakah engkau tahu bahwa Nabi SAW. menjanjikan pohon kurma di syurga sebagaimana ganti pohon kurma yang batangnya menjulurkan ke rumah tetangga saya? Dan bahwa saya sudah menulis tawarannya,akan tapi buahnya sangat banyak dan bagus, padahal saya banyak memiliki pohon kurma, dan tidak satu pun pohon kurma yang buahnya sebanyak itu."

Maka berkata orang dermawan itu: "Apakah kamu mahu menjualnya padaku." Ia menjawab: "Tidak, kecuali jika ada orang yang sanggup memenuhi keinginan saya ,akan tapi pasti tidak ada yang sanggup."

Si dermawan tersebut bertanya lagi: "Berapa pula yang anda inginkan?"

Ia berkata: "Aku inginkan 4 puluh pohonnya kurma."

Dermawan itu terdiam dan kemudian berkata lagi: "kamu minta yang tidak-tidak,baiklah saya beri 40 pohonnya kurma kpadamu, kemudian saya minta saksi apabila kamu betul mahu menukarkannya."
Ia panggil sahabat-sahabatnya untuk melihat tukaran tersebut.

Orang Dermawan itu pun menemui Nabi saw. dan berkata lagi: "Ya Rasulullah! Pohonnya kurma tersebut sudah menjadi milik saya dan akan saya serahkan kepada Rasul."

Maka berangkatlah Rasulullah SAW. bertemu pemilik pohon kurma yang fakir tersebut dan bersabda: "Ambillah pohon kurma ini untukmu dan keluarga kamu."