Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556 | BBM 5AE49B09

Monday, 26 October 2015

Nikmati Kelincahannya Dengarkan Keluhannya



rumahyatimindonesia.com | Subhanallah, alangkah sering mata kita terkelabui oleh hal yang semu. Kita menginginkan anak-anak kita mendengar setiap perkataan kita. Tetapi kita lupa belajar mendengar suara nurani mereka. Kita ingin anak-anak kita cerdas, enerjik dan kreatif, tetapi kitalah yang pertama kali membunuh bakat-bakat mereka, inisiatif-inisiatif mereka dan bahkan kebaikan-kebaikan mereka.


Hanya karena ingin menyayangi adiknya, kita bentak mereka sekeras-kerasnya sehingga lari ketakutan, sementara tak ada tempat persembunyian yang aman, mereka akhirnya menjadi anak-anak yang ciut nyalinya, tetapi pada saat yang sama jiwanya selalu memberontak. Mereka kehilangan semangat dan kecerdasannya karena kita tak pandai mengingat pesan Nabi.”Al-‘uramah (kelincahan) anak pada waktu kecil, akan menambah kecerdasannya di masa dewasa(HR.Tirmidzi).



al-‘uramah meliputi kelincahan, semangat bergerak dan dorongan rasa ingin tahu yang sangat kuat sehingga mereka nyaris tidak pernah diam. 


Ya, Kita sering kali mendahulukan bentakan ketika melihat anak kita tak mau diam menuruti keinginan kita, padahal mereka butuh apresiasi, penghargaan,  butuh penerimaan yang tulus dan hangat dari kita, dan satu lagi mereka ingin kita dengarkan keluhan-keluhan dan harapannya.